Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PERKEMBANGAN MOBIL DI INDONESIA

 

PERKEMBANGAN MOBIL DI INDONESIA

Indonesia adalah salah satu pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara dan telah mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam industri otomotif selama beberapa dekade terakhir. Sudah banyak kendaran otomotif yang telah hadir dan diproduksi di Indonesia namun perlu kita ketahui sejarah otomotif di indonesia seperti apa.


1. Sejarah awal otomotif masuk ke Indonesia


Pada rentang tahun 1899 - 1909, pengusaha Belanda yang bernama Jacobus Pierneef meluncurkan mobil pertama di Indonesia. Dia mengimpor 3,5 hp. Benz Victorian yang merupakan mobil pertama yang beroperasi di Jakarta saat itu. Pemerintah Hindia Belanda pun juga mendirikan N.V. Nederlandsch-Indische Automobiel Maatschappij (NIAM) dimana perusahaan mobil pertama di Indonesia. NIAM memproduksi kendaraan bermotor dan truk pertama yang digunakan untuk keperluan pemerintah dan militer. 


Setelah periode tahun tersebut, pada tahun 1957 Pemerintah Indonesia menciptakan perusahaan mobil nasional pertama, Perusahaan Mobil Nasional (PNMN). PNMN bekerja sama dengan Messerschmitt AG dari Jerman untuk memproduksi skuter kabin Messerschmitt dalam jumlah terbatas. Setelah membuat PMN, kemudian Pemerintah Indonesia mencanangkan "Proyek Mobil Nasional" dengan tujuan mengembangkan industri mobil dalam negeri. Proyek ini akan memproduksi mobil Proton Saga, mobil nasional pertama di Indonesia.


Pada tahun 1976, setelah berhasil mengembangkan proyek PMN, Pemerintah Indonesia mendirikan PT Industri Mobil Indonesia (IMI) sebagai badan usaha milik negara yang bertanggung jawab atas produksi mobil nasional. IMI meluncurkan mobil nasional keduanya, "Timoron", pada tahun 1996. Namun pada setahun selanjutnya terjadi krisi keungan di Pemerintahan sehingga pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan meliberalisasi industri mobil. Hal ini membuka peluang bagi produsen mobil asing untuk berinvestasi dan beroperasi di Indonesia.


Setelah berjalannya waktu Astra International, salah satu grup bisnis terbesar di Indonesia, telah mengakuisisi saham mayoritas Toyota Astra Motor pada tahun 2003. Langkah ini memperkuat kehadiran Toyota di pasar mobil Indonesia. Sehingga kedepannya dapat menciptakan kendaraan mobil yang baik digunakan dan dapat bersaing di pasar internasional.


Kemudian pada tahun 2013 - 2020, Pemerintah Indonesia menciptakan program Low-Cost Green Car (LCGC), yang menawarkan kredit pajak untuk mobil yang hemat bahan bakar. Program ini mempromosikan produksi dan penjualan kendaraan LCGC di Indonesia. Dengan program tersebut pemerintah dapat mengurangi emisi bahan bakar gas dan mengurangi polusi di Indonesia. Beberapa tahun kebelakang ini, Pemerintah Indonesia telah memperkenalkan insentif dan subsidi kendaraan listrik untuk mendorong adopsi kendaraan hijau di negara ini. 


Sejak saat itu, perkembangan industri otomotif di Indonesia terus berlanjut dengan peningkatan produksi, penjualan dan pengenalan teknologi baru seperti kendaraan listrik. Industri otomotif di Indonesia merupakan salah satu sektor ekonomi yang sangat penting dan terus berkembang hingga saat ini. 


2. Perkembangan pada Industri Mobil

Perkembangan industry otomotif di Indonesia dari waktu ke waktu mengalami perkembangan yang begitu pesat. Berikut adalah beberapa perkembangan penting di industri otomotif Indonesia:


A. Produksi mobil

Indonesia adalah produsen mobil terbesar ketujuh di dunia. Beberapa produsen mobil ternama seperti Toyota, Honda, Suzuki dan Mitsubishi memiliki pabrik di Indonesia. Selain itu, perusahaan mobil lokal seperti Grup Astra juga berperan penting dalam produksi mobil Indonesia.


B. Penjual mobil

Pasar mobil Indonesia terus tumbuh seiring meningkatnya daya beli dan pertumbuhan ekonomi. Meski angka penjualannya fluktuatif, jumlah mobil baru masih cukup tinggi. Mobil ramah lingkungan berbiaya rendah (LCGC) populer di Indonesia karena harganya yang terjangkau dan konsumsi bahan bakar yang lebih rendah.


C. Infrastruktur

Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mengembangkan infrastruktur jalan dan transportasi yang lebih baik. Pembangunan jalan tol dan peningkatan aksesibilitas ke berbagai wilayah mendorong pertumbuhan industri otomotif tanah air.


D. Kendaraan elektrik

Dengan maraknya energi terbarukan dan kelestarian lingkungan, kendaraan listrik semakin mendapat perhatian di Indonesia. Pemerintah telah mengumumkan serangkaian insentif dan inisiatif untuk mendorong adopsi EV, termasuk kredit pajak dan subsidi.


E. Penelitian dan Pengembangan

Beberapa universitas dan lembaga penelitian di Indonesia juga aktif dalam penelitian dan pengembangan otomotif. Mereka fokus pada pengembangan teknologi yang lebih ramah lingkungan seperti mobil listrik dan bahan bakar terbarukan.


F. Berbagi pengembangan mobilitas

Layanan ride-sharing dan ride-sharing semakin populer di Indonesia. Platform seperti GoCar, Grab, dan Blue Bird menawarkan akses transportasi yang mudah bagi penduduk kota. Sejarah industri otomotif Indonesia dimulai pada awal abad ke-20 ketika mobil pertama kali diimpor ke Tanah Air. 


Posting Komentar untuk "PERKEMBANGAN MOBIL DI INDONESIA"