Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGGUNAAN OLI PADA KENDARAAN BERMOTOR DAN MOBIL


Source: https://otomotif.kompas.com/

Oli merupakan komponen penting pada mesin, baik mobil maupun sepeda motor. Fungsi dari oli sendiri adalah untuk melumasi bagian-bagian mesin yang bergerak seperti piston, katup dan poros. Fungsi lain dari oli termasuk perlindungan terhadap karat, korosi, dan panas berlebih. Penggunaan oli yang tepat sangat penting untuk menjaga kestabilan mesin motor atau mobil. Oli pada kendaraan bermotor, termasuk mobil, memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan kinerja mesin. Berikut adalah beberapa pengaruh penggunaan oli terhadap kestabilan mesin:

 

1. Pelumasan

Oli berfungsi sebagai pelumas untuk bagian-bagian dalam mesin yang saling bergerak, seperti piston, poros engkol, dan bantalan. Dengan pelumasan yang memadai, gesekan dan keausan dapat dikurangi, sehingga mesin tetap berjalan dengan lancar dan stabil. Oli melumasi bagian-bagian mesin yang bergerak, seperti piston, poros engkol, bantalan, dan nok. Ini membantu mengurangi gesekan dan keausan yang terjadi saat bagian-bagian tersebut saling berkontak.

 

2. Pendinginan

Oli juga membantu dalam menghilangkan panas yang dihasilkan oleh mesin. Oli mengambil panas dari bagian-bagian mesin yang panas dan mengalirkannya ke radiator atau sirkuit pendingin, di mana panas tersebut dapat didispersikan. Dengan suhu yang terkontrol dengan baik, mesin tetap dalam keadaan stabil dan tidak terlalu panas. Oli membantu mengambil panas yang dihasilkan oleh mesin dan mengalirkannya ke sistem pendingin atau radiator. Hal ini membantu menjaga suhu mesin agar tetap dalam rentang yang aman dan mencegah overheating (kelebihan panas).

 

3. Pembersihan

Oli yang baik juga memiliki kemampuan membersihkan partikel-partikel kecil atau endapan yang terbentuk selama proses pembakaran. Oli yang kotor dapat mengumpulkan endapan dan mempengaruhi kinerja mesin. Oleh karena itu, penggantian oli secara teratur sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kestabilan mesin. Oli juga memiliki kemampuan untuk membawa partikel kotoran, endapan, dan residu pembakaran yang terbentuk selama proses operasional mesin. Ini membantu menjaga kebersihan bagian dalam mesin dan mencegah penumpukan yang dapat mengganggu kinerja mesin.

 

4. Perlindungan terhadap karat dan korosi

Oli juga dapat melindungi bagian-bagian mesin dari korosi dan karat. Oli yang dirancang khusus mengandung aditif yang membantu mencegah terbentuknya karat pada permukaan logam dalam mesin. Oli menghindarkan permukaan logam dalam mesin dari korosi dan karat dengan membentuk lapisan pelindung.

Perawatan oli pun juga kita butuhkan agar menjaga kinerja dan umur panjang dari mesin kendaran yang kita gunakan, karena nantinya bisa berdampak pada mesin-mesin kendaraan dalam jangka pendek maupun panjang. Dibawah ini beberapa cara melakukan perawatan oli.

a.Periksa dan ganti oli secara teratur mengikuti jadwal perawatan yang direkomendasikan oleh  produsen kendaraan Anda. Biasanya, oli mesin perlu diganti setiap 5.000 hingga 10.000 kilometer atau sesuai dengan rekomendasi pabrikan.


b.Gunakan oli mesin yang sesuai jenis dan kualitas oli mesin yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan Anda. Oli yang tepat akan memberikan pelumasan yang baik dan melindungi mesin Anda dari aus dan kerusakan.


c.Periksa tingkat oli secara teratur setidaknya sekali dalam sebulan, periksa tingkat oli di mesin kendaraan Anda menggunakan tongkat pengukur oli. Pastikan tingkat oli berada di antara tanda minimum dan maksimum pada tongkat pengukur. Jika perlu, tambahkan oli dengan kualitas yang sesuai.


d. Mengganti filter oli bertujuan untuk menyaring kotoran dan partikel yang bisa merusak mesin. Ganti filter oli secara teratur sesuai dengan jadwal perawatan yang direkomendasikan.


e. Jaga kebersihan area penampungan oli di sekitar tutup penampungan oli tetap bersih dari kotoran dan debu saat mengganti oli. Hal ini penting untuk mencegah partikel yang tidak diinginkan masuk ke dalam sistem pelumasan.


Oli yang sudah lama tidak diganti dengan yang baru akan membuat kinerja mesin-mesin yang ada ada kendaraan akan melambat atau bahkan rusak, sehingga perlu mengganti oli dengan yang baru sesuai kendaraan yang digunkan. Disarankan untuk membaca buku manual motor atau menghubungi dealer resmi untuk mengetahui jenis oli yang direkomendasikan untuk motor. Memilih oli yang tepat dan menggantinya secara teratur adalah salah satu langkah penting dalam menjaga kesehatan mesin motor. Penting untuk menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan dan mengikuti jadwal penggantian oli yang direkomendasikan. Penggunaan oli yang tepat dan perawatan yang baik akan membantu menjaga kestabilan mesin dan memperpanjang umur mesin.


Posting Komentar untuk "PENGGUNAAN OLI PADA KENDARAAN BERMOTOR DAN MOBIL"