Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan Mobil Listrik Dibandingkan Mobil Konvensional

Kelebihan Mobil Listrik Dibandingkan Mobil Konvensional

                                                                  sumber: www.freepik.com

Keterbatasan energi, membawa dunia pada gagasan-gagasan akan energi terbarukan, termasuk pada bidang otomotif. Pada bidang otomotif, Mobil listrik digadang-gadang sebagai solusi dari keterbatasan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang hari ini semakin menipis. Seluruh dunia tengah merancang dan mengembangkan mobil listrik di industri otomotif mereka, tak terkecuali Indonesia.

Indonesia, melalui payung hukum Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Kendaraan Bermotor Berbasis Baterai Untuk Transportasi Jalan ikut menyongsong elektrifikasi di bidang kendaraan. Melalui kebijakan ini ditargetkan pada tahun 2025 nanti, volume kendaraan listrik mencapai 20% dari total kendaraan yang ada. Namun, sebelum memutuskan untuk menjadi pengguna kendaraan listrik termasuk mobil listrik, tentu lebih baik jika mengetahui beberapa kelebihannya. Berikut kelebihan dari mobil listrik dibandingkan dengan mobil konvensional.

1. Kendaraan Ramah Lingkungan

Mobil listrik merupakan kendaraan yang menggunakan daya listrik. Berbeda dengan mobil konvensional yang menggunakan BBM, listrik merupakan energi yang dapat terbarukan. Energi listrik dapat dihasilkan melalui energi surya dan energi gerak (angin dan air). Oleh karena itu, mobil listrik digadang-gadang lebih ramah lingkungan dan menjadi solusi dari permasalahan lingkungan hari ini. Selain itu, emisi dari mobil listrik juga tidak separah emisi yang dihasilkan dari pembakaran BBM mobil konvensional.

2. Biaya Perawatan Relatif Murah

Biaya perawatan mobil listrik terbilang relatif murah. Hal ini karena mobil listrik tidak seperti mobil konvensional yang mempunyai sistem pembuangan. Sehingga, tidak perlu mengganti oli, busi, atau air radiator seperti mobil konvensional pada umumnya. Perawatan mobil listrik hanya perawatan simpel saja seperti pemeriksaan mekanis, dan rotasi ban, penggantian filter udara kabin dan bilah wiper, serta pengisian cairan washer. Lebih simpel dan murah bukan? 

3. Suara Mesin Lebih Senyap

Suara mesin pada mobil listrik lebih senyap dibandingkan mobil yang menggunakan BBM. Selain itu, mobil listrik juga tidak menghasilkan getaran seperti mobil konvensional. Hal ini yang membuat pengendara dan pengguna sekitar lebih nyaman dengan mobil listrik.

4. Mudah Pengoperasiannya

Pengoperasian mobil listrik lebih mudah dibandingkan mobil konvensional. Pada mobil konvensional, pengendara harus memahami transmisi manual dan otomatis. Pengendara harus memindahkan gigi secara manual sambil menginjak pedal kopling pada transmisi manual. Begitu pun dengan transmisi otomatis yang tetap membutuhkan pengoperasian tuas transmisi meski otomatis dilakukan oleh sistem pada perpindahan giginya.

Mobil listrik dalam pengoperasiannya hanya menggunakan perpindahan posisi transmisi dari netral, maju, atau mundur. Pengguna tidak perlu menaikkan atau menurunkan gigi. Selain itu, transmisi tidak menggunakan tuas transmisi, namun semacam kenop saja.

5. Pajak Ringan dan Subsidi Pemerintah

Kelebihan dari mobil listrik yang terakhir yaitu didukung oleh pemangku kebijakan. Hal ini dibuktikan pada pajak kendaraan yang ringan dan subsidi yang diberikan oleh pemerintah. Pengguna mobil listrik terbebas dari Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Hal ini diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2021. Selain itu, Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang harus dibayarkan oleh pengguna mobil listrik juga mendapatkan potongan hingga sebesar 90% dari pajak semestinya. Jika setiap tahunnya, pajak yang harus dibayarkan sebesar 10 juta, maka pengguna hanya wajib membayar 1 juta saja.

Subsidi pemerintah tidak hanya pada pajak saja, namun juga pada harga pembelian mobil listrik. Pemerintah berencana bekerja sama dengan industri-industri mobil listrik dengan memberikan subsidi pembelian. Hal ini untuk mendukung percepatan elektrifikasi dan transformasi otomotif ke arah yang lebih ramah lingkungan.

Nah, sekian artikel tentang kelebihan dari mobil listrik dibandingkan dengan mobil konvensional. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi pertimbangan bagi pembaca dalam menentukan keputusan di bidang otomotif, khususnya penggunaan dan pembelian mobil.


Posting Komentar untuk "Kelebihan Mobil Listrik Dibandingkan Mobil Konvensional"